Senin, 06 Februari 2012

Perhitungan Struktur Pada Masa Kini

Pesatnya kemajuan teknologi membuat perhitungan struktur dengan metode lama atau manual mulai ditinggalkan. Dibandingkan metode manual yang rumit dan makan waktu, perhitungan dengan metode matriks membuat perhitungan menjadi lebih cepat, mudah, dan simple. Apalagi dengan bermunculannya software-software yang dapat mengolah matriks seperti Microsoft Excel atau Microsoft matematik, serta bahasa pemrograman Matlab atau Visual Basic. Makin membantu para insinyur dalam menyelesaikan perhitungan-perhitungan matematis sebuah struktur yang rumit.

Metode matriks dalam Teknik Sipil dipakai dalam analisa struktur. Dimana sebuah struktur yang mempunyai sifat mekanik dan geometris dapat diidealisasikan sebagai berikut:
1. Material bertingkah laku secara linear sekaligus elastis
2. Lendutan/Lenturan pada balok dianggap sangat kecil sehingga analisa dapat dilakukan sama seperti struktur yang belum dibebani.

Dengan menggunakan metode matriks yang ditangani oleh komputer,Langkah-langkah permasalahan-permasalahan sebuah struktur seperti berikut dapat diselesaikan dengan mudah:

1. Analisa struktural, dimana kita menghitung gaya-gaya dalam yang timbul pada elemen-elemen struktur sebagai akibat bekerjanya gaya luar pada struktur tersebut.

2. Perencanaan elemen-elemen struktur, yang mana dilakukan setelah kita menyimpulkan hasil dari analisa struktur yang telah disebutkan di atas. Berdasarkan hasil analisa, penggambaran geometri dari struktur lengkap dengan ukuran dan karakteristik dapat dilakukan, dengan syarat harus memperhatikan agartegangan elemen dan lendutan struktur tidak melebihi tegangan dan lendutan izin dari hasil analisa.

3. Setelah itu, data yang didapat harus diproses lagi untuk mendapatkan tegangan dan lendutan saat dites pembebanan pada struktur dan elemen-elemennya.


4. Selanjutnya, perhitungan banyaknya bahan bangunan serta banyaknya biaya atau anggaran dapat ditentukan dengan menggunakan draft gambar serta data-data di atas.

5. Yang terakhir adalah perencanaan jadwal proyek struktur tersebut (Time Scheduling), agar konstruksi berjalan cepat, tepat, dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar