Senin, 06 Februari 2012

Jenis-Kenis Kaca Unik Yang Banyak Dipakai Dalam Konstruksi Bangunan

Kaca merupakan bahan tembus cahaya yang jernih dan banyak dipakai dalam berbagai jenis konstruksi. Kaca dibentuk dari leburan pasir kuarsa, kapur, dan soda. Kemudian proses pembentukannya pun bermacam-macam, yakni kaca yang dibentuk dengan ditarik, dituang, maupun diapung.
Berikut ini adalah jenis-jenis kaca unik yang banyak dipakai dalam proses konstruksi:
· Kaca Buram
Kaca ini dibentuk dengan mengecat pelat kaca dengan bubur tepung, lalu dikerjakan dengan alat semburan pasir, maupun digosok dengan tangan. Kava ini banyak digunakan untuk jendela dan pintu WC, serta kamar mandi.
· Kaca Berwarna.
Kaca ini dibuat dengan menuang kaca bersama-sama campuran zat pewarna(pigmen) tertentu sehingga menimbulkan warna pada kaca hasil. Kaca jenis ini banyak dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan galeri, seni, serta perumahan antic.
· Kaca Bermotif/Kaca Mozaik
Kaca ini dibuat menurut gambar perincian, yang memuat pembagian dan komposisi warna dari kaca yang ingin dibentuk dengan gambar tertentu. Kemudian potongan kaca berbentuk dado dengan ukuran rusuk 1-2 mm, kaca dilekatkan pada kertas atau kain dengan menggunakan adukan semen. Setelah selesai, kain atau kertas dilepaskan dan terbentuk kaca dengan mozaik yang diinginkan. Kaca ini banyak dipakai dalam konstruksi gereja kristen ataupun cathedral , ataupun rumah-rumah artistic yang bergaya gothic.
· Kaca Lapis (laminated glass)
Kaca ini terdiri dari 2 bagian layer atau lebih, dibuat dengan cara diapungkan. Saat pembentukan, diantara masing-masing lembaran diisi dengan lapisan seloid atau getah/resin epoksi. Kaca ini banyak terdapat pada kaca yang digunakan pada loket bank anti peluru serta kaca mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar