Jumat, 06 April 2012

STABILISASI TANAH DENGAN BAHAN BUATAN


Menambah kekuatan tanah dengan mencampur rumput-rumputan dengan lumpur untuk membuat dinding gubuk dan membuat bata yang dikeringkan oleh matahari menjadi lebth mudah ditangani sudah lama diketahui manusia. Akhir-akhir in praktek tersebut telah dikembangkan dengan memakai tekstur-tekstur logam atau sintetis dalam bentuk lajur pada bagian atas dan beberapa—atau semua—”lift” pada timbunan untuk meningkatkan kçkuatan dan stabilitas timbunan itu. Peningkatan kekuatan mi dapat mengakibatkan tanah menjadi lebih stabil untuk kemiringan yang lebih curam atau menjadi lebih mampu mendukung beban permukaan yang lebih besar tanpa teijadinya deformasi yang besar. Tanah dengan a1ur perkuatan itu disebut tanah yang diperkuat (reinforced earth).

Beberapa konfigurasi tanah yang diperkuat mi telah dipatenkan—tetapi sebagaimana halnya untuk seluruh paten, gagasan dasarnya tidak dapat dipatenkan. Hanya konfigurasi iajur tertentu saja yang dapat dianggap sebagai milik dan pemegang paten. Kantor paten di Amerika Senikat hanya memeriksa apakah paten yang sama telah pernah dikeluarkan; mereka tidak memeniksa gagasan dasar dan pemegang paten ataupun orang yang mengaju. an permohonan paten.

Lajur logam, kabel, dan kawat semuanya telah dicoba (demikian pula halnya rumput, bambu, dan sebagainya), tetapi logam cenderung mempunyai usia pelayanan yang singkat a1am lingkungan tanah yang tidak cocok. Karena logam mi mempunyai usia yang singkat sedangkan untuk lajur tersebut tidak dibutuhkan kekuatan tank yang tinggi, maka bahanbahan lamnya mungkin akan lebih cocok untuk dipakai. Serat-serat sintetis terlihat memDunyai usia pelayanan yang panjang dalam lmgkungan tanah dan sekarang banyak tersedia. Tekstur sintetis yang dipakai untuk tanah mi disebutgeotekstil.

Pemakaian geotekstil lainnya adalah untuk memisahkan tanah dan air. Pada galian di hawah permukaan jalan atau pada pondasi bangunan yang digali sampai beberapa meter, selembar bahan mi dihamparkan dan tanah ditimbun kembali serta dipadatkan. Pemasangmnya harus teliti supaya sambungan-sambungan tekstur benar-benar telah tertutup oleh sumbat. Uap air yang melayang ke atas dan muka air akan tertahan pada rintingan mi, sehingga kondensasi dan penjenuhan tanah akan terhalang pada zona kritis. mi akan meriambah kapasitas beban dan tanah dasar dan dapat mengontrol perubahan volume pada tanah yang mudah mengalami pemuaian. Sudah barang tentu apabila air permukaan dapat mencapai zona tadi dan atas, rintangan tadi akan tidak berguna lagi dan bahkan dapat lebih merusak keadaan tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar